Cari

Rabu, 20 Oktober 2010

BIDANG

Bentuk Berupa Bidang
       Bidang dapat diartikan sebagai bentuk yang menempati ruang, dan bentuk bidang sebagai ruangnya sendiri disebut ruang dwimatra.
       Bidang yang menempati ruang dapat berbentuk dasar sejajar dengan tafril yang memiliki panjang dan lebar, atau dapat berebntuk maya, yaitu bidang yang seolah-olah melengkung, atau bentuk bidang yang seolah-olah membuat sedut dengan tafril sehingga seperti memiliki kedalaman. 
       Bidang sebagai ruang adalah ruang dwimatra dan merupakan tempat dimana objek-objek berada (exist). Wujudnya dapat berupa triplek, kertas, karton, seng, papan tulis, kanvas, danlain-lain semacamnya. Semua benda itu walaupun memiliki ketebalan, tetapi ukurannya relatif tipis, sehingga dianggap tidak memiliki ketebalan, dan oleh karena itu, hanya berdimensi panjang dan lebar. Bidang sebagai ruang bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu ruang positif dan ruang negatif. Ruang positif adalah ruang yang terisi objek, sedang ruang negatif adalah ruang yang kosong tanpa objek.
     Bidang sebagai bentuk yang mengisi ruang, ciri khasnya dibedakan berdasarkan rautnya. (Sadjiman,2009:117-118)

Raut Bidang
       Macam-macam bentuk bidang meliputi bidang geometri dan non-geometri. Bidang geometri adalah bidang teratur yang dibuat secara matematika, sedangkan bidang non geometri adalah bidang yang dibuat secara bebas. Raut bidang geometri atau bidang yang dibuat secara matematika, meliputi segitiga, segiempat, segilima, segienam, segidelapan, lingkaran, dan sebagainya. (Sadjiman,2009:118-119).

Contoh karya nirmana berupa Bidang Geomatris (bidang dibentuk dengan menggunakan alat bantu) :

Karya : Andi Prabowo

Karya : Dayna Disa N U

Karya : M Bagja

Karya : Farida Khairani W
 
Karya : Andi Prabowo
 Karya : Anita Puput